Robot Kontrol Digital Bolabot Menggunakan Remote Kabel

Secara umum robot tergolong menjadi dua bagian yaitu robot otomatis dan robot teleoperated. Robot otomatis dapat bekerja tanpa kontrol langsung oleh manusia, robot tersebut bekerja berdasarkan program yang ditanamkan seperti robot line follower, robot avoider obstacle, robot humanoid, lampu lalu lintas, pintu otomatis, dan sebagainya. Sedangkan robot teleoperated harus dikontrol langsung oleh manusia, seperti robot kontrol, televisi, komputer dan lainnya.

Film Real steel !!?, Gambar dibawah menampilkan impian robot masa depan yang dapat dikontrol langsung mengikuti gerak manusia yang menjadi pengontrolnya.


Push button merupakan sebuah device untuk menghubungkan dan memutuskan rangkaian listrik antara 2 titik. Penggunaan push button dikehidupan sehari-hari hampir menyentuh semua bidang. Di bidang komputer dengan keyboard dan mouse, dibidang otomotif dengan panel-panel kontrolnya, bahkan diperalatan rumah tangga sekalipun seperti kontrol peralatan listrik juga menggunakan push button. Desain lengkap robot kontrol digital menggunakan simulasi Proteus:



Sesuai desain pada tombol gerak kiri dihubungkan dengan PIN D.0, tombol gerak kanan dihubungkan dengan PIN D.1,  tombol gerak maju dihubungkan dengan PIN D.2, serta gerak mundur dihubungkan dengan PIN D.3. Motor kiri diatur oleh PORTD.5 dan PORTD.6, sedangkan motor kanan diatur oleh PORTD.7 dan PORTB.0. 

Berikut adalah realisasi robot kontrol digital karya Profesor Bolabot





 Copyright @ 2012 Profesor Bolabot



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »