Generator Van De Graff



Menurut pergerakannya, listrik dibagi menjadi dua yaitu listrik statis dan listrik dinamis. Pada alat yang dibuat kali ini, yaitu generator Van de Graff menggunakan konsep listrik statis. Listrik statis ialah listrik yang muatan-muatannya diam.

Seperti yang kita tahu, bahwa tiap benda terdiri atas atom-atom. Pada atom  netral,  jumlah  muatan  positifnya  sama  dengan  jumlah  muatan negatifnya. Atom dikatakan bermuatan positif jika kekurangan elektron dan atom dikatakan bermuatan negatif jika kelebihan elektron. Pertanyaannya bagaimana  jika  benda-benda  bermuatan  tersebut  saling  didekatkan? Ternyata hasil percobaan yang dilakukan oleh para ahli menyatakan bahwa jika benda bermuatan sejenis didekatkan, maka akan saling tolak menolak dan jika benda bermuatan berbeda jenis didekatkan, maka akan saling tarik menarik.

Percobaan listrik statis yang paling sederhana ialah dengan sisir plastik. Mula-mula  sisir  plastik  tidak  dapat  menarik  sobekan  kecil  kertas,  tetapi setelah digoskkan pada rambut kering beberapa lama, sisir dapat menarik sobekan kertas. Ini diakibatkan sebelum sisir digosokkan ke rambut, sisir bermuatan netral. Kemudian setelah digosokkan ke rambut, sisir menjadi bermuatan listrik sehingga dapat menarik sobekan kertas.

Generator Van de Graff ini ialah alat yang menggunakan  prinsip seperti percobaan sisir plastik di atas, tetapi dapat menghasilkan tegangan searah yang sangat besar.
Alat dan Bahan
Alat:
  1. Gergaji besi 
  2. Tang pemotong        
  3. Tang penjepit  
  4. Penggaris 30 cm  
  5. Bor listrik      
Bahan:
  1. Paku kecil             1 buah
  2. Tabung sekering    1 buah
  3. Karet gelang         1 buah
  4. Motor DC (biasanya terdapat pada mobil mainan)    1 buah
  5. Baterai 9 volt      1 buah
  6. Wadah baterai    1 buah
  7. Gelas plastik      1 buah
  8. Lem secukupnya
  9. Kabel serabut    secukupnya
  10. Pipa PVC    20 cm
  11. Pipa PVC “T”    1 buah
  12. Plester    1 buah
  13. Kayu ukuran 15cmx15cm
Metoda
  1. Potong sekitar 5 cm pipa PVC dan lem pada kayu penyangga.

  2. Letakkan motor DC pada pipa penghubung “T”, usahakan agar menempel dengan pas dengan ukuran diameter pipa. 
  3. Buat lubang dibelakang pipa  “T” untuk memasukkan kabel serabut ke dalamnya dan letakkan hampir menyentuh karet gelang. Bagian ini disebut “brush” bawah.
  4. Letakkan  karet  gelang  pada  ujung  motor  DC,  buatlah  seperti  katrol. Kemudian satukan dengan gambar pada langkah 1. 
  5. Potong  kembali  pipa  ukuran 4  cm,  dan  letakkan  di  atas  pipa “T”. Kemudian buat lubang untuk menyimpan paku. Paku digunakan sebagai penyangga atas karet gelang. Untuk memudahkan perputaran, selubungi paku dengan tabung sekering.
  6. Buat  satu  lubang  lagi  pada  pipa  paling  atas  diantara  dua  lubang sebelumnya  untuk  memasukkan  kabel  serabut  dan  letakkan  hamper menyentuh karet gelang. Bagian ini ialah “brush” atas. 

  7. Potong gelas plastik setengahnya dan lubangi bagian bawahnya seukuran pipa. Kemudian masukkan pada pipa atas. Bagian ini digunakan sebagai penyangga kaleng. 
  8. Lubangi bagian atas kaleng, dan letakkan kaleng tersebut di bagian atas alat. 

  9. Langkah terakhir ialah memasang baterai kepada motor DC. 
  10. Generator Van de Graaf akhirnya dapat digunakan
Untuk mengujinya dapat kita letakkan beberapa potongan kertas di atas kaleng. 

Penggunaan  Manual
Untuk  menggunakan  alat  ini  sama  halnya  dengan  menggunakan generator Van de Graff pada umumnya. Sebelum menggunakan alat ini pastikan kabel bagian “brush” bawah dihubungkan ke ground, seperti tanah, keran air, pipa air, dan sebagainya atau bisa dipegang oleh tangan sendiri. Kemudian kita bisa mengujinya dengan meletakkan beberapa potongan kertas di atas kaleng seperti pada gambar di bawah ini. 

Untuk  menyalakannya,  cukup  hubungkan  kabel  dengan  baterai.  Setelah terhubung,  maka  potongan  kertas  tersebut  akan  melayang  ke  atas  saling menjauh. 

Hal ini terjadi karena ketika motor memutar karet gelang, karet tersebut akan mengambil elektron dari tabung sekering dan didistribusikan ke seluruh bagian karet. Akibatnya, tabung gelas menjadi bermuatan positif. 

Karena  tabung  gelas  ini  kekurangan  elektron, sehingga  menarik elektron yang berada di kabel “brush” atas. Elektron yang diambil oleh karet 
diberikan kepada kabel “brush” bawah dan akhirnya dialirkan ke tanah. 

Seperti yang telah digambarkan di atas bahwa ujung lain dari “brush” atas menyentuh kaleng bekas sehingga menarik elektron dari kaleng juga. 
Sehingga  akibatnya  kaleng  menjadi  bermuatan  positif  dan  mengambil elektron dari udara. Hal ini terjadi berulang-ulang seiring perputaran motor. 

seseorang mampu berpikir kecil ...mampu berfikir besar...mampu berfikir kalah...mampu berfikir menang...tergantung orangnya, tapi satu hal yang mesti digarisbawahi apapun itu tujuannya, apapun itu bidang kajiannya kata kuncinya adalah fokus...meskipun pada akhirnya kesempatan dan takdirlah yang menentukan tapi yakin, ikhtiar dan percaya mesti tetap dilibatkan ... yakin bisa tercapai denagan usaha yang maksimal dan percaya Tuhan slalu memberikan yang terbaik for everythings.......

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »