Bullbot: Robot Pendeteksi Warna Menggunakan ADC Sensor Cahaya LDR

Pertandingan banteng dan matador, merupakan olah raga yang sangat berbahaya. Banteng akan menanduk dan selalu mengikuti kain warna merah. Dalam bab ini, kita akan memanfaatkan sensor cahaya LDR sebagai detector berbagai warna, serta menjadi mata dari robot banteng BullBOT yang akan mengikuti warna merah. 


Prinsip kerja alat ukur termasuk detector warna, seperti dijelaskan dalam bab sebelumnya dapat dibuat menggunakan prinsip ADC (Analog to Digital Convertion) dari output sensor cahaya, dalam hal ini LDR (light dependent resistance).

Metode pembuatan robot pendeteksi warna ini, sebenarnya mirip dengan pembahasan metode pembuatan robot avoider digital, namun setelah dilakukan pengujian kalibrasi sensor terhadap jarak, dilakukan pula kalibrasi untuk mengenali warna, setelah itu maka dilanjutkan dengan pemrograman robot digital biasa.Secara lengkap bisa dilihat dibawah ini:

Gambar dibawah ini merupakan desain untuk membuat sebuah alat detector warna pada jarak tertentu menggunakan sensor LDR yang akan digunakan sebagai kalibrasi pembuatan robot BullBOT yang akan mengikuti warna merah..


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »