Simple Line Follower Robot




Line Follower Robot adalah sebuah jenis robot yang termasuk kedalam kategori robot mobile yang didesain untuk bekerja secara autonomous dan memiliki kemampuan dapat mendeteksi serta bergerak mengikuti (follow) garis yang ada di permukaan. Sistem kendali yang digunakan dirancang untuk bisa merasakan jalur garis yang ada dan melakukan manuver gerakan agar tetap bisa mengikuti garis tersebut. Robot jenis ini lumayan banyak diminati bagi mereka yang baru belajar teknologi robot. Bahkan kompetisi-kompetisi Line Follower Robot, secara rutin sering diadakan diberbagai universitas di indonesia. Dalam bidang industri, robot jenis ini sering digunakan untuk untuk memindahkan barang dari satu tempat ke tempat yang lain. Dengan memodifikasi sedikit sensornya maka robot line follower bisa dikembangkan menjadi Robot Wall Follower, sebuah robot yang bisa bergerak mengitari dinding.
    Pada kesempatan ini, kita akan membuat line follower robot sederhana dengan dua sensor, mudah dipelajari, dan bahan yang sangat murah sehingga dapat dibuat oleh siapa saja.

Alat dan Bahan
Alat:
Obeng

Bahan:
  1. PCB
  2. Akrilik
  3. Alumunium
  4. Batere
  5. Baud
  6. Dinamo
  7. Gear
  8. Kabel Jumper
  9. Kabel Kecil 
  10. LDR    
  11. LED indikator
  12. Potensio
  13. Resistor
  14. Roda belakang 
  15. Roda depan
  16. Saklar on off
  17. Sensor
  18. Socket
  19. Tempat Batere
  20. Transistor
Metode
1. Pasang tiap komponen ke tempat yang telah disediakan.
2. Pasang dinamo dengan menggunakan baud dan mur.
3. Pasang batere ke tempatnya dan simpan ke temat yang telah disediakan.

Uji coba alat
1. Nyalakan saklar on/off yang tersedia.
2. Simpan mobilerobot tersebut ke jalur yang telah disediakan.

Video




seseorang mampu berpikir kecil ...mampu berfikir besar...mampu berfikir kalah...mampu berfikir menang...tergantung orangnya, tapi satu hal yang mesti digarisbawahi apapun itu tujuannya, apapun itu bidang kajiannya kata kuncinya adalah fokus...meskipun pada akhirnya kesempatan dan takdirlah yang menentukan tapi yakin, ikhtiar dan percaya mesti tetap dilibatkan ... yakin bisa tercapai denagan usaha yang maksimal dan percaya Tuhan slalu memberikan yang terbaik for everythings.......

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »