Lampu Taman

 
Light Switches atau skalar cahaya merupakan rangkaian sederhana yang dapat kita gunakan untuk mengontrol nyala lampu berdasarkan cahaya di sekitarnya. Sensor yang digunakan untuk mendeteksi cahaya pada rangkaian Light Switches ini menggunakan LDR. Rangkaian ini hanya menggunakan 3 transistor dan beberapa komponen pendukung. Sebagai kontaktor untuk lampu rangkaian Light Switches ini menggunakan relay sedangkan untuk mengatur sensitifitas penerimaan cahaya dapat diatur dengan mengatur R7.

Rangkaian ini menggunakan prinsip pembagi tegangan, jadi ketika LDR menerima cahaya / kondisi siang ( Resistansi LDR ketika mendapatkan cahaya mendekati 400 Ohm ketika tidak menerima cahaya resistansi nya mendekati 1 Mega Ohm) maka resistansi LDR Iebih kecil daripada resistansi Variabel Resistor sehingga tidak ada kondisi transistor cut-off dan relay tidak aktif akibatnya lampu akan mati, tapi ketika LDR tidak menerima cahaya/kondisi malam hari resistansi LDR lebih besar dibandingkan resistansi variable resistor sehingga transistor dalam keadaan saturasi/aktif dan relay aktif sehingga lampu akan hidup.

Alat dan Bahan
Alat:
  1. Obeng
  2. Gunting
  3. Lem
Bahan:
  1. Akrilik
  2. Batere 
  3. Baud +  Mur
  4. Led
  5. Komponen saklar
  6. LDR
  7. Relay
Metode
  1. Susunlah tiap komponen sesuai instruksi tutor.
  2. Pasang led di atas body. 
  3. Pasang baterei di alas body.
  4. Pasang alas body dengan menggunakan baud dan mur.
  5. Cek alat dan analisis rangkaian.
  6. Buat kesimpulan.

seseorang mampu berpikir kecil ...mampu berfikir besar...mampu berfikir kalah...mampu berfikir menang...tergantung orangnya, tapi satu hal yang mesti digarisbawahi apapun itu tujuannya, apapun itu bidang kajiannya kata kuncinya adalah fokus...meskipun pada akhirnya kesempatan dan takdirlah yang menentukan tapi yakin, ikhtiar dan percaya mesti tetap dilibatkan ... yakin bisa tercapai denagan usaha yang maksimal dan percaya Tuhan slalu memberikan yang terbaik for everythings.......

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »