Detektor Banjir Sederhana


Banjir merupakan bencana yang sering melanda indonesia, ini diakibatkan oleh beberapa faktor seperti : penebangan pohon secara liar, buang sampah sembarangan, tidak ada lahan untuk penyerapan air hujan dll. Untuk mengantisipasi kedatangan banjir kita dapat membuat detektor banjir, bila banjir datang ada peringatan untuk menyelamatkan diri ke tempat lebih yang aman. 
Konduktor pada tiga level ketinggian seperti 5cm, 10cm  dan 15cm akan terhubung dengan gabus yang dikelilingi konduktor dan akan memberikan tegangan pada lampu, dimana tiap lampu berbeda warnanya yang menunjukan level ketinggian, untuk 5cm lampu hijau, 10 cm lampu kuning, 15cm lampu merah. (ketiga lampu dipasang secara paralel). 

Alat Dan Bahan
Alat:
  1. Obeng
  2. Gunting
  3. Lem
Bahan
  1. Buzzer
  2. Akrilik
  3. Aralit
  4. Led
  5. Resistor
  6. Jumper    
  7. Kabel
  8. Baud dan Mur
  9. Batere
  10. Jack Banana
  11. Penyangga
  12. Saklar

Metode
  1. Cek bahan-bahan yang sudah ada.
  2. Pasang tiap komponen sesuai intsruksi tutor.
  3. Pasang baterei pada tempatnya.
  4. Masukan alas dengan menggunakan baud dan mur.
  5. Pasang tempat led ke body depan.
  6. Setelah pemasangan selesai, masukan air perlahan dan lihat hasilnya.
  7. Analisis apa yang terjadi.
  8. Buat kesimpulan.

seseorang mampu berpikir kecil ...mampu berfikir besar...mampu berfikir kalah...mampu berfikir menang...tergantung orangnya, tapi satu hal yang mesti digarisbawahi apapun itu tujuannya, apapun itu bidang kajiannya kata kuncinya adalah fokus...meskipun pada akhirnya kesempatan dan takdirlah yang menentukan tapi yakin, ikhtiar dan percaya mesti tetap dilibatkan ... yakin bisa tercapai denagan usaha yang maksimal dan percaya Tuhan slalu memberikan yang terbaik for everythings.......

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »