Motor Listrik Sederhana


Motor listrik merupakan sebuah perangkat elektromagnetis yang mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Energi mekanik ini dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari misalnya digunakan untuk memutar fan atau blower, menggerakan kompresor, mengangkat bahan, dll.

Motor arus searah (DC) adalah suatu mesin yang berfungsi mengubah tenaga listrik arus searah menjadi tenaga mekanik atau tenaga gerak. Tenaga mekanik tersebut berupa putaran dari pada motor. Pada motor dc dan generator dc tidak ada perbedaan konstruksi. Pada prinsipnya motor dc dapat digunakan sebagai generator dc. Sebaliknya generator dc dapat digunakan sebagai motor dc. Motor dc yang dipakai dalam praktek mempunyai banyak lilitan dengan setiap lilitan berturutan yang dirotasikan sedikit, sehingga torka netto hampir konstan jika motor itu berputar. Motor DC menggunakan arus langsung yang tidak langsung/direct-unidirectional. Motor DC digunakan pada penggunaan khusus dimana diperlukan penyalaan torque yang tinggi atau percepatan yang tetap untuk kisaran kecepatan yang luas.

Alat dan Bahan
Alat:
  1. Obeng
  2. Gunting
  3. Lem

Bahan:
  1.  Akrilik
  2.  Magnet
  3.  Lilitan dari tembaga
  4.  Wadah Baterai
  5.  Baterai
  6.  Kabel
  7.  Alumunium
Metode
  1. Menyediakan akrilik yang dibentuk menjadi persegi panjang dengan ukuran panjang 10 x 3 cm sebanyak 2 potong.
  2. Menyediakan akrilik yang dibentuk menjadi persegi empat dengan ukuran panjang 3 x 3 cm sebanyak 4 potong.
  3. Mengambil salah satu potongan akrilik berbentuk persegi panjang itu, kemudian melubanginya.
  4. Untuk penyangga rumah molina, 2 potogan akrilik persegi 4 direkatkan pada ujung kiri dan kanan potongan akrilik persegi panjang yang telah dilubangi tadi dengan lem.
  5. Memasukan ujung-ujung kumparan pada lubang alumunium leter L.
  6. Untuk penyangga molina Alumunium leter L ditempelkan pada rangka rumah molina yang telah dibuat pada poin 4 dengan menggunakan baud.
  7. Meletakan 2 baterai ke dalam dudukannya dan menempelkan dudukan tersebut pada potongan akrilik persegi panjang yang satunya lagi.
  8. Menyambungkan 2 kabel pada kutub negative dan positif baterai.
  9. Menggabungkan potong akrilik yang sudah dirangkai sampai point 6 dengan potongan akrilik persegi pajang pada point 7 (kabel kutub positif tidak disambungkan).
  10. Meletakan magnet dibawah kumparan.


seseorang mampu berpikir kecil ...mampu berfikir besar...mampu berfikir kalah...mampu berfikir menang...tergantung orangnya, tapi satu hal yang mesti digarisbawahi apapun itu tujuannya, apapun itu bidang kajiannya kata kuncinya adalah fokus...meskipun pada akhirnya kesempatan dan takdirlah yang menentukan tapi yakin, ikhtiar dan percaya mesti tetap dilibatkan ... yakin bisa tercapai denagan usaha yang maksimal dan percaya Tuhan slalu memberikan yang terbaik for everythings.......

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »