BOLABOT CUP 2016



 
Pada tanggal 29 dan 30 April 2016, Kotaro (Komunitas Pecinta Robot) telah sukses menjalankan acara Bolabot Cup 2016 yang terdiri dari berbagai macam rangkaian acara seperti seminar, workshop dan juga kompetisi robot soccer dan line follower. Acara ini selenggarakan di kampus UIN SGD Bandung, tepatnya di Lab Basic Physics untuk seminar, Lab Advance Physics untuk workshop dan di Ruang kelas Fisika untuk kompetisi. Bolabot Cup edisi tahun ini bertajuk tentang “Melangkah Maju Menyongsong Teknologi Robotik”. Diharapkan dengan tema acara Bolabot Cup 2016 tersebut dapat mengajak kita untuk lebih semangat memajukan teknologi Indonesia agar kita dapat bersaing dengan dunia global.

 

Di hari pertama, yaitu di tanggal 29 April 2016 pada pukul 08.30 acara seminar yang dipandu oleh Deni Hafid dan Jaka Purnama dibuka. Peserta seminar kali ini berjuml 55 Orang. Dimana pemateri kali ini adalah sang ahli robotic Indonesia, Mada Sanjaya W.S, P.hD. Beliau menjelaskan bahwa untuk menjadi ahli robotic Indonesia tidak harus dari kaum adam. Dengan maraknya emasipasi wanita jaman sekarang ini, kaum wanita pun kini bisa menjadi ahli robotic di dunia. Ahli-ahli robotic wanita yang sudah menggebrak dunia diantaranya; Cynthia Breazel dan Lady Ada. Dan bahkan justru penemu computer yang digunakan dan dikembangkan hingga saat ini adalah dari kaum hawa.

 

Pukul 13.00, Acara workshop dengan materi “IMPLEMENTASI TSOP DAN REMOT TV UNTUK ROBOTIKA BERBASIS MIKROKONTROLER ARDUINO” atau bahasa sederhananya adalah Robot Kontrol TSOP/Robot Kontrol Wireless menggunakan Remot TV. Peserta workshop mendapat antusias dari mahasiswa Fisika Sains dan juga dari anak-anak SMK Padjadjaran. Total jumlah peserta mencapai 15 orang yang terbagi menjadi 5 kelompok yang dipandu 1 orang mentor untuk setiap kelompok.  Pemateri workshop adalah sang ketua pelaksana dari Bolabot Cup 2016, M. Mumin Nurulloh. Dengan materi robot control wireless menggunakan remote TV kali ini diharapkan para peserta dapat memanfaatkan benda-benda yang ada disekitar rumah atau dengan alat-alat yang sederhana untuk dapat dijadikan robot. Hal ini pun dapat membangun kreatifitas instrumentasi mereka ketika berada di rumah. 

 

Pada hari berikutnya, tepat pada tanggal 30 April 2016 pukul 9.00 WIB kompetisi line follower dan robot soccer dimulai. Peserta lomba robot line follower diikuti oleh mahasiswa Fisika Sains dan SMP Insan Teladan yang berjumlah 54 orang. Sedangkan untuk peserta robot soccer terdiri dari anak-anak Sekolah Dasar yaitu dari SD IT Darul Hikam, SD Al-Amanah dan SD Has Darul Ilmi yang berjumlah 6 orang peserta. Untuk Juara pertama lomba robot line follower diraih oleh team Rachmad Dewantoro dan Saeful Bahri dengan waktu menempuh lintasan mencapai 54,6 detik. Dan untuk juara kedua robot line follower diraih oleh team Saukani  dan Niko D.S. dengan waktu tempuh 1 menit 37,7 detik. Sedangkan untuk juara pertaman robot soccer diraih oleh team Rasyad dan Rizky dari SD IT Darul Hikam dan juara dua diraih oleh team Yoga dan Omar dari SD Has Darul Ilmi.

See you next year!

(Penulis : Fahmi Ilmanur F.)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »